Persiapan Keberangkatan

September 14, 2015


"Merdeka hanyalah sebuah jembatan, Walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!" - Soekarno-


Halo!

Kali ini saya akan menceritakan langkah saya selanjutnya, yaitu mengikuti acara Persiapan Keberangkatan yang wajib diikuti oleh peserta yang telah lolos seleksi wawancara.

Persiapan Keberangkatan (PK) untuk angkatan 31 diadakan di Wisma Hijau Depok mulai tanggal 22-27 Maret 2015. Sejak tanggal 21, kami seangkatan udah berkumpul untuk melakukan persiapan pra PK sekalian kenalan-kenalan dengan anggota yang lain.

Kesan pertama saya saat mengikuti PK sebagai seorang fresh graduate yang baru pergi dari kampus dan hanya menjadi asisten dosen *da aku amah apa atuh*, sungguh pertemuan pertama saya membuat saya semakin merasa da aku amah apa atuh! Haha. Saya bertemu dengan orang-orang yang luar biasa dari seluruh penjuru Indonesia dengan latar belakang ilmu yang berbeda-beda pula. Rasanya malu, minder, tapi sangaaat excited! Bahkan sampai dengan hari ini saya pun kadang masih merasa, “Saya lagi mimpi atau nggak?”. Menjadi bagian dari LPDP adalah hal tak pernah berani saya impikan, namun sekarang saya beraa di dalamnya.  I ever hate my life, but today I knew God is loving me. He love me, indeed. And I am so grateful of my past, and ready for the future. Allah Maha Baik! Alhamdulillah.

Oh ya, saya punya utang cerita yah. Di post sebelumnya saya pernah cerita tentang "seseorang yang saat itu tidak saya kenal yang pada akhirnya ternyata sangat terkenal di kalangan awardee(nanti saya ceritain siapa Beliau)" kan? hahaha
Ya, jadi ternyata beliau adalah PIC Persiapan Keberangkatan, Bapak Mohammad Kamiluddin. Jelas sekali, karena beliau adalah PIC PK, Pak Kamil, begitu Beliau biasa disapa, sangat dikenal oleh seluruh awardee LPDP. Saya kaget aja pertama kali Pak Kamil masuk, saya langsung ingat bahwa Beliau adalah "seseorang yang saat itu tidak saya kenal yang pada akhirnya ternyata sangat terkenal di kalangan awardee" yang pernah ngajakin kami ngobrol saat seleksi wawancara. Dan beliau juga terkenal banget karena disiplin dan yang paling penting adalah jika tidak ada Beliau, maka ngga akan ada PK dan kami ngga akan dapet tugas selama PK (punten) hehe.

Setiap angkatan PK diberi tugas yang bervariasi, salah satunya adalah untuk membuat logo angkatan dan nama angkatan. Untuk nama angkatan kami adalah Generasi Emas Indonesia (GENESIS) dengan tagline “ Anigou!, Ekowaii! ” yang merupakan bahasa dari suku Mee di Papua yang berarti “Maju!, Bergerak!”. Dan logo dari angkatan kami adalah sebagai berikut.



Untuk postingan tentang PK ini aya ngga nulis banyak yah, karena saya gamau acara seru ini terlalu banyak spoiler. Hehe. Secara garis besar, rangkaian acara PK 31 kemarin itu seperti berikut:


Dalam mengikuti PK, kami mengadakan sebuah acara PK in Action yang merupakan salah satu wujud pengabdian masyarakat  dari penerima beasiswa LPDP. Kami memilih tema perluasan daerah Ruang Terbuka Hijau di area Jakarta dan Depok dengan sebuah acara bertajuk Aksi Sebar Benih 1000 Tanaman Indonesia.


Untuk lebih lengkapnya tentang serangkaian acara Persiapan Keberangkatan Angkatan 31 dapat dilihat di video ini:





Tujuh Belas Ribu Pulau, Ribuan desa,
Ratusan kecamatan,
Puluhan provinsi,
Semua terkait untuk satu cinta pada negeri sendiri, Indonesia.
Jadilah kami, 123 kobaran semangat pemuda dan pemudi bangsa merajut kenangan dan inspirasi di Persiapan Keberangkatan LPDP Angkatan ke-31. 
Saling terkait agar lekas bangkit,
Bersama melaju untuk maju.
Anigou, anigou!
Ekowaii, ekowaii!
("Bangkit, bangkit! Maju, maju!" dalam bahasa Mee, Papua)


Dan link berikut mengenai Sanitasi Total Berbasis Masayarakat (STBM) di dusun Secang, Kulonprogo, Yogyakarta yang merupakan serangkaian acara PK in action dari PK-31 yang dilaksanakan setelah jadwal PK resmi dari LPDP.




Daaan, inilah kami....


Dan tentunya dengan berakhirnya PK ini menandakan bahwa perjalanan kami yang sebenarnya baru akan dimulai! Selamat menempuh studi di belahan bumi manapun bagi saya dan juga teman-teman PK-31 sekalian!

You Might Also Like

0 COMMENT